Ciri Ciri Infeksi Pencernaan Pada Anak

Ciri Ciri Infeksi Pencernaan Pada Anak

Ciri Ciri Infeksi Pencernaan Pada Anak– Para orang tua waspadai beberapa hal ini karena termasuk ke  dalam ciri atau gejala penyakit infeksi pencernaan , mungkin saja anak anda mengalami penyakit infeksi pencernaan. Dan tentunya harus segera di lakukan pengobatan.

Penyakit infeksi pencernaan bisa menyerang siapa saja baik itu dewasa, anak anak hingga balita mempunyai resiko sama untuk mengalaminya. Sudah selayaknya anda mewaspadai penyakit atau keluhan di infeksi pencernaan karena bisa berakibat fatal.

Ciri Ciri Infeksi Pencernaan Pada Anak

Tentunya hal yang tidak di inginkan bila keluhan yang terlihat sepele seperti infeksi pencernaan mendatangkan bahaya atau keadaa lain yang berakibat fatal.

Keluhan infeksi pencernaan ini pada umunya bisa di cegah untuk tidak bertambah parah asal kita tahu akan ciri ciri awalnya sehingga dapat dengan cepat memberikan penanganan.

Untuk itu kami akan memberikan informasi mengenai apa saja ciri ciri infeksi pencernaan Pada Anak pembahasan lengkapnya ada di bawah ini

Waspadai Inilah ciri ciri infeksi pencernaan pada anak

  • Sang anak terlihat lesu
  • Mengalami diare yang mana disertai dengan darah
  • Mengalami demam
  • Mengalami kesakitan atau merasakan ketidaknyaman
  • Mengalami dehidrasi cirinya adalah dengan buang air kecil serta frekuensi urine yang menurun secra drastis, menangis tanpa air mata,
  • Mulut kering

Selain mereka anak anak yang dapat dengan mudah terkena infeksi pencernaan, orang dewasa pun dapat terkena infeksi pencernaa.

Untuk orang dewasa di bawah ini adalah tanda atau cirinya :

  • Mengalami sakit dan di sertai dengan kram perut
  • Mengalami diare
  • Mengalami mual dan muntah
  • Mengalami nafsu makan yang menurun
  • Mengalami penurun berat badan
  • Sering berkeringat sehingga membuat kulit menjadi lebih lembab
  • Mengalami demam , sakit kepala dan sakit otot

Ciri atau gejala infeksi pencernaan biasanya akan muncul  antara 1- 3hari setelah terinfeksi , tingkatan dari keparahan nya pun akan beragam mulai dari rinan hingga parah.

Gejala umum yang di sebutkan diatas biasanya berlangsung 1 -2  hari akan tetapi juga isa sampai 10 hari lamanya

Lalu, apa yang menjadi penyebab infeksi pencernaan ini bia terjadi ?

Harus anda ketahui bahwa ada berbagai macam virus yang bisa menyebabkan penyakit infeksi di pencernaan ini yaitu Rotavirus dan Norovirus

  • Rotavirus

Jenis virus ini umumnya menular melalui mulut dan cenderung menginfeksi bayi dan anak anak karena mereka biasanya sering memasukan jari atau benda benda yang terkontaminasi ke dalam mulut

Orang dewasa yang tidak sadar telah terinfeksi bisa saja tidak merasakan gejala apapun tapi mereka bisa menularkannya ke anak atau bayi mereka.

  • Norovirus

Jenis virus yang kedua ini dapat dengan mudah menular dan bisa saja menginfeksi siapa pun baik itu dewasa atau anak anak, terjadinya kasus keracunan makanan yang terjadi di seluruh dunia biasanya di sebabkan oleh virus ini.

Makanan dan air yang telah terkontaminasi adalah media utama dari penyebaran virus ini. Jadi haruslah di waspadai oleh anda.

Siapa sajakah yang memiliki resiko terkena infeksi pencernaan ini ?

  1. Anak kecil
  2. Anak anak sekolah dan yang tinggal di asrama
  3. Orang dewasa atau lanjut usia
  4. Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah

Infeksi pencernaan ini adalah salah satu gangguan kesehatan atau penyakit yang bisa di cegah, di bawah ini ada beberapa hal yang mana bisa menjadi cara pencegahannya :

  • Selalu mencuci tangan

Pencegahan yang mudah supaya terhindari infeksi pencernaan adalah dengan selalu mencuci tangan  seluruh tangan seperti sela sela kuku hingga bersih menggunakan sabun , gosok tangan anda 20 detik dan bilas dengan air bersih.

  • Selalu memakai peralatan pribadi

Sangat di sarankan untuk selalu menggunakan peralatan makan dan minum milik sendiri jangan memakai alat makan secara bergantian.

  • Menjaga jarak

Ciri Ciri Infeksi Pencernaan Pada Anak Saat anda terpaksa harus kontak dengan yang terkena infeksi pencernaan kiranya anda untuk menjaga jarak , hindari untuk menyentuh barang barang yang telah di gunakan oleh penderita infeksi pencernaan.

Selain hal di atas sebagai tindakan pencegahan lainya anda juga harus menjauhi beberapa hal di bawah ini :

  1. Hindari mengkonsumsi makanan yang mentah, sekalipun itu sayuran atau buah buahan yang di kupas atau di sentuh oleh tangan orang lain
  2. Hindari mengkonsumsi daging yang tidak di masak hingga matang
  3. Konsumsi air minum dalam kemasan guna menghindari air yang telah terkontaminasi
  4. Hindari mengkonsumsi es batu

Itulah pembahasan mengenai ciri ciri yang bisa di alami oleh anda yang sedang terkena infeksi pencernaan. Jika anak mengalami maka segera lakukan pengobatannya. Salah satu cara alternatif yang aman dan efektif untuk mengobati infeksi pencernaan adalah dengan mengkonsumsi obat herbal.

Baca juga :

Qnc Jelly Gamat Obat Infeks Pencernaan Anak

Inilah Jenis Hernia Pada Anak

HOME

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *